PELATIHAN PEMBUATAN PUPUK ORGANIK DAN PENGOLAHAN HASIL PANEN DI DESA TANGGIR TAHUN 2023

  • Jan 02, 2024
  • Tanggir

http://tanggir-singgahan.desa.id-  Dalam rangka mendorong peningkatan ketahanan pangan di Desa Tanggir, maka Pemerintah Desa Tanggir berupaya untuk mengadakan suatu pelatihan yang meliputi Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik dan Pengolahan Hasil Panen. Kedua pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut yaitu tanggal 28, 29, dan 30 Desember 2023 di lokasi yang berbeda. Pelatihan ini diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) dan tamu undangan yang mayoritas bekerja sebagai petani. Tujuan diadakan pelatihan tersebut yaitu untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas serta memberikan akses kepada masyarakat Desa Tanggir agar lebih produktif dalam memanfaatkan hasil pertanian lokal yang ada di Desa Tanggir.

Pelatihan ini dibuka dengan sambutan dari Bapak M. SHOLEHUDDIN selaku Kepala Desa Tanggir dan dilanjutkan dengan penjelasan materi dari pelatih (berasal dari Dinas Pertanian Kecamatan Singgahan).

Meskipun pelatihan ini dilaksanakan di lokasi yang berbeda, hal tersebut tidak menurunkan semangat para peserta untuk mengikuti pelatihan. Hal ini terlihat jelas dari besarnya antusiasme para peserta yang sangat bersemangat dalam mempraktekkan apa yang telah dijelaskan oleh pelatih .

Dengan adanya pelatihan ini, baik dari Pemerintah Desa Tanggir maupun Dinas Pertanian Kecamatan Singgahan berharap agar tingkat produktivitas dan kreativitas masyarakat Desa Tanggir terutama dalam memanfaatkan hasil pertanian lokal bisa meningkat. Sehingga hal ini dapat membantu meningkatkan pendapatan masyarakat. Apabila tingkat pendapatan masyarakat baik, tentu tingkat kesejahteraan hidup masyarakat juga akan meningkat ((shn/tgr)).